Memahami Lebih Dalam Tentang Outbound Training

 

outbound training program

A. Pengertian Outbound Training

Outbound Training merupakan sebuah strategi pelatihan yang bertujuan untuk membentuk keterampilan, pengetahuan dan kepemimpinan seseorang. Outbound Training biasanya dirancang khusus dengan beberapa permainan di ruang terbuka. Pada prinsipnya program outbound training merupakan media untuk meningkatkan kekuatan suatu perusahaan atau organisasi dengan praktik belajar dengan nyata serta terstruktur. Outbound Training dinilai sebagai ajang untuk meningkatkan mutu kerja sama suatu kelompok. Maksud dari meningkatkan mutu adalah menumbuhkan jiwa pemimpin yang kokoh, memiliki kemampuan komunikasi yang baik, meningkatkan insting untuk perencanaan, flekisbel dalam pekerjaan, pembagian tugas dengan baik, kerja tim dan meningkatkan motivasi kerja.

Dalam setiap kegiatan outbound training peserta akan terbagi ke dalam kelompok-kelompok dan akan diberi sebuah persoalan agar nantinya dapat dipecahkan dan tentu saja telah dipastikan waktunya. Kemudian kelompok harus mendiskusikan berbagai hasil yang di dapat serta kendala-kendala dalam pemecahan persoalan tersebut baru kemudian memikirkan strategi yang paling efektif dalam pemecahan, dari sini setiap individu dalam kelompok harus memiliki peningkatan dalam kerja sama tim dari setiap persoalan yang diberikan oleh instruktur.

outbound training

Outbound training begitu diminati oleh kebanyakan orang saat ini karena kegiatan ini lebih menyenangkan sekaligus memberi manfaat untuk setiap individu khususnya manfaat untuk bidang kepemimpinana. Kegiatan outbound training sering kali ditambahkan pula dengan wisata arung jeram atau rafting dan permainan paintball yang seru. Namun yang lebih bermanfaat adalah dapat bersama-sama memecahkan setiap masalah yang ditemukan.

manfaat outbound training

 

B. Manfaat Outbound Training

1. Membentuk sebuah komitmen

Membentuk sebuah komitmen maksudnya adalah setiap peserta diharapkan mampu meningkatkan kompetensi diri dalam bekerja, kemudian memiliki konsep atau pemikiran secara komprehensif atau menyeluruh, selain itu untuk membuat hubungan semakin erat dengan sesama karyawan atau rekan kerja bahkan antara bawahan atau atasan. Dan yang paling penting adalah memiliki tingkat kepercayaan diri yang tinggi dalam memahami kemampuan setiap individu serta menjadi lebih bertanggung jawab dalam pemenuhan tugas di bidang kerja masing-masing.

2. Memiliki karakteristik pola perilaku

Dalam hal ini setiap individu atau peserta outbound training di harapkan mampu memiliki karakter pola perilaku yang baik seperti etika kerja yang tinggi, disiplin waktu dan disiplin tugas, memiliki pemikiran ke yang bagus ke masa depan, serta bertanggung jawab atas tugas-tugas yang diberikan.

3. Semangat kerja semakin meningkat

Lewat kegiatan outbound training setiap peserta akan diberikan tugas yang mampu memacu semangat yang tinggi, ini terlihat dari antusiasme peserta dalam melakukan tugas-tugas yang diberikan oleh instruktur. Hal ini akan tercermin pada saat bekerja, setiap karyawan dituntut untuk semangat dalam instruksi yang diberikan oleh atasannya, mneghadapi tantangan dan melawan rasa malas.

4. Menumbuhkan jiwa kepemimpinan yang kokoh

Sebuah perusahaan atau organisasi tentu memerlukan seorang pemimpin yang mampu menggerakan anggotanya dalam memajukan perusahaan. Dengan semakin tumbuhnya jiwa kepemimpinan yang kokoh maka akan semakin kuat dalam menghadapi setiap goncangan yang terjadi di masa depan.

5. Pengembangan individu

Pengembangan diri berguna untuk menciptakan individu yang mampu berinteraksi dengan baik sesama rekan kerja, selain itu sukses dalam menyelesaikan beberapa tugas yang diemban sesuai waktu yang telah ditentukan, memiliki rasa percaya diri dan pandai dalam mengelola emosi.

C. Alasan mengapa setiap perusahaan membutuhkan outbound training

alasan perusahaan harus outbound training

Outbound training kini begitu banyak peminatnya tidak hanya instansi, sekolah atau perguruan tinggi namun juga perusahaan besar atau kecil karena pelatihan semacam ini begitu terlihat efektivitasnya bagi pengembangan sumber daya manusia. Alasan lain yang dapat dijadikan alasan mengapa setiap perusahaan membutuhkan outbound training karena dengan program ini layaknya seperti sebuah simulator yang menggambarkan kehidupan yang rumit menjadi lebih mudah atau sederhana. Selain itu pada kegiatan outbound training setiap peserta akan belajar langsung bagaimana pengalaman yang diperoleh, tentang bagaimana langkah-langkah dalam menuntaskan setiap tugas dengan sukses, jika mengalami suatu kegagalan langkah apa saja yang akan ditempuh sehingga setiap peserta akan menemukan pengalaman belajar secara langsung. Program outbound training seringkali dikemas dengan sebuah permainan menyenangkan sehingga membuat setiap peserta tidak jenuh dengan materi yang terkadang membuat ngantuk. Melalui metode permainan ini setiap peserta akan merasa gembira dengan beberapa permainan bervariasi yang sarat dengan kekompakan dan kebersamaan.

D. Tips Memilih Provider Outbound Training

Tips Memilih Provider Outbound Training

1. Keselamatan

Saat ini begitu banyak orang yang menawarkan jasa atau penyedia jasa outbound training baik itu dari orang yang memiliki latar belakang pencinta alam atau bahkan seorang pelaku usaha yang membuka bisnis provider outbound training. Pada point ini anda harus mencermati bagaimana proses outbound training itu berjalan dari awal kegiatan hingga akhir. Pastikan bahwa anda tidak menemukan hal-hal yang ganjil atau membahayakan peserta outbound sehingga kegiatan outbound training dapat berjalan dengan sukses.

2. Tujuan

Setiap perusahaan yang akan melakukan kegiatan outbound training tentu memiliki tujuan yang hendak dicapai dari proses pelatihan ini yang akan membawa dampak positif bagi karyawannya untuk kemajuan bersama. Sebaiknya anda pilih provider yang mengerti atau memahami akan kebutuhan pelatihan ini tentu dengan memilih provider yang sudah berpengalaman dalam dunia outbound training.

3. Harga

Sebaiknya anda begitu memperhatikan rincian dari harga penawaran yang diberikan oleh provider outbound training. Pastikan bahwa harga yang ditawarkan sudah termasuk fasilitas yang memadai dan berkualitas. Jika anda merencanakan outbound training dalam waktu 2 atau 3 hari maka pastikan pihak penyedia outbound sudah menyiapkan akomodasi penginapan yang nyaman dan terjangkau. Namun yang paling penting adalah pastikan bahwa provider telah menyediakan trainer-trainer yang profesional sehingga materi program dapat tersampaikan dengan baik.

4. Rencana Kegiatan

Rencana kegiatan atau rundown sangat diperlukan dalam kegiatan outbound training, pastikan anda mengetahui rangkaian acara dari awal hingga akhir sehingga kegiatan dapat berjalan dengan efektif dan efisien. Selain itu dipastikan ada pihak panitia yang berjaga jika suatu waktu ada kejadian yang penting atau bersifat urgent.

5. Pre Test dan Post Test

Mintalah pihak provider untuk memberikan pre test pada awal kegiatan dan post test pada akhir kegiatan penyampaian materi, hal ini diperlukan agar dapat mengukur seberapa jauh peserta memahami materi yang akan disampaikan atau materi yang telah disampaikan.

E. Kegiatan dalam Outbound Training

kegiatan dalam outbound training

1. Ice Breaking

Pada kegiatan outbound training tentu anda mula-mula akan diberikan ice brreaking, pada prinsipnya ice breaking bertujuan untuk mengusir segala kecanggungan dan kebekuan bahkan ketegangan suasana antar sesama peserta outbound training, selain itu dengan adanya ice breaking peserta dapat mengenal rekannya lebih dekat biasanya dalam perusahaan karyawan akan terbagi ke dalam beberapa divisi. Dengan ice breaking setiap peserta akan lebih mengenal rekan antar divisi.

2. Games

Kegiatan dalam program outbound training yang kedua biasanya akan dikemas dengan beberapa permainan seru yang manfaatnya sangat banyak seperti melatih kekompakan, mencairkan suasana serta membangun kerja sama yag kuat dalam tim

3. Team Building

Team building lebih tepatnya adalah membentuk tim yang solid dan kuat, dalam sebuah perusahaan tentu karyawan akan terbagi ke dalam tim. Setiap individu merupakan bagain dari tim tersebut, program tim building dalam outbound training bermanfaat untuk perbaikan dalam pekerjaan sesuai dengan tujuan yang hendak dicapai.

4. Problem Solving

Problem solving atau pemecahan masalah merupakan upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kemampuan peserta outbound dalam pengambilan sikap bijak, melakukan strategi, kepemimpinan, dan solusi terbaik atas persoalan yang terjadi.

5. Effective Comunication

Efektifitas komunikasi merupakan pertukaran informasi, pemahaman dan ide sehingga setiap informasi dapat diterima dengan baik, dalam komunikasi efektif setiap peserta outbound training dapat lebih fokus dalam memberikan argumentasi, memahami maksud informasi yang diberikan orang lain, proses mendengarkan dengan efektif dan pemberian saran yang baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*